Komik Young Mom

 



Young Mom merupakan komik buatan theterm asal Thailand. Komik ini mengisahkan kejadian yang ada di Thailand, di mana seorang gadis remaja hamil diluar nikah dengan pacarnya. Lika-liku kehidupan harus ia lewati setelah ia mengetahui dirinya hamil.

Komik ini sudah tamat dengan 157 episode, 3 season dan ada beberapa special episode. Telah dibaca oleh jutaan pembaca, komik ini merupakan komik yang patut dibaca karena mengandung pesan moral yang bagus.
Tokoh utama dalam komik ini bernama Lani, seorang gadis remaja yang hamil diluar nikah bersama pacarnya, Awan. Nantinya Lani akan mempunyai anak bernama Pelangi. 

Setelah Lani hamil, kehidupannya tidak seperti remaja lain pada umumnya. Ia harus belajar menjadi ibu muda. Meskipun kehamilan tersebut adalah kehamilan diluar nikah, namun ia ingin bertanggungjawab atas perbuatannya dan tidak ingin mencoba menggugurkan kandungannya.

Cobaan demi cobaan ia lalui seorang diri pada awalnya. Namun meskipun sempat membuat orang tua kecewa, orang tua Lani tetap menyayangi anaknya dan memberikan dukungan kepada Lani sebagai seorang ibu muda. Bagaimanapun orang tua Lani juga merasa gagal dalam mendidik anak, karena anaknya telah pacaran terlalu bebas.

Lani terlihat masih naif dan terlalu larut dengan cintanya kepada Awan. Dengan naifnya merasa perasaan Awan tidak akan berubah setelah apa yang terjadi. Namun memang kenyataan tidak seindah itu, akhirnya pun ia harus menerima kenyataan akan hubungannya dengan pacarnya harus berakhir.

Padahal Lani sedang berusaha untuk menjadi ibu yang baik dan bertanggungjawab terhadap anaknya dan membuktikan kepada orang tua Awan, khususnya ibu Awan bahwa dia bisa bertanggungjawab dan tidak menjadi batu sandungan terhadap masa depan Awan.

Kenyataan yang berkata lain tersebut membuat Lani terpuruk, padahal ia harus menjalani kuliah, kerja serta mengurus Pelangi. Rasa depresi dan frustrasi menyerangnya dan sempat membuat dia ingin menyerah dengan keadaan. Namun, melihat Pelangi dan perjuangannya dalam mengandung, melahirkan dan membesarkan Pelangi membuatnya bangkit dari keterpurukan.

Akhirnya Lani dapat membuktikan jika ia bisa membesarkan Pelangi dengan baik. Ia tumbuh menjadi pribadi yang dewasa dalam menghadapi kehidupan. Awan dan keluarganya tetap bertanggungjawab atas Pelangi lebih banyak secara materi. Meskipun begitu, hubungan antara Lani dan Awan tidak lagi sama seperti dulu, namun tetap baik-baik saja.

Hal yang bisa dipetik dari komik ini adalah semua hal yang kita lakukan ada resikonya. Kehamilan diluar nikah yang tidak dipersiapkan sangat berakibat pada kondisi masa depan. Komik ini mengisahkan lika-liku menjadi seorang ibu muda.

Hamil diluar nikah tidak hanya melanggar aturan, namun juga melanggar norma sosial. Karakter Lani yang awalnya polos dan naif pun pelan-pelan berubah menjadi dewasa karena cobaan hidup yang menghampirinya. Hal yang saya tidak sukai dari komik ini saat ekspresi Lani menjadi seram.























Aku doakan sukses terus buat author komik ini. Aku sebagai pembaca suka sekali dengan komik Young Mom.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Bisa Bahasa Inggris, sih, Tapi Nggak Pro

Review Film Kereta Berdarah (2024)

Arti Sebuah Kehilangan